IDwebhost.com Trend Hosting Indonesia


Melihat judul diatas tentu kita dapat menebak kemana arah artikel ini nantinya. Pertama-tama sebelum mengulas/mereview lebih jauh tentang IDwebhost dengan layanan hostingnya, agar alur berpikir pembaca menjadi runtut maka sebelumnya kita mulai dari definisi dan pengertian hosting serta domain, dilanjutkan dengan trend serta perkembangan jasa hosting di Indonesia, serta review tentang perusahaan hosting di Indonesia (dalam hal ini saya khusus membahas IDwebhost.com) terkait dengan jasa pelayanan hosting yang mudah, murah, namun tidak murahan yang menjadi fokus layanan mereka.


a. Hosting dan Domain


- Hosting


Bagi para pengguna internet, khususnya para webmaster tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya hosting atau web hosting, domain, dan hal-hal lain seputar layanan dalam dunia internet. Seperti yang sudah kita pahami bahwa hosting atau web hosting secara umum diartikan sebagai sarana kita untuk menyimpan file-file situs kita untuk kemudian di-online-kan ke internet.


Kemudian, seperti kita ketahui bahwa makin hari makin banyak dan pesat pertumbuhan pengguna internet, otomatis hal itu menjadi peluang yang terbuka atau muncul pasar untuk bisnis melalui internet. Melihat fenomena seperti itu, masing-masing pelaku bisnis memiliki strategi maupun produknya masing-masing. Terkait dengan bisnis melalui internet sudah barang tentu kita akan membangun situs web, kemudian kita juga membutuhkan tempat untuk situs web yang akan kita bangun atau dikenal dengan istilah web hosting. Jadi secara umum bahwa hosting atau web hosting secara sederhana dapat diartikan sebagai sarana kita untuk menyimpan file-file situs/website kita untuk kemudian di-online-kan ke internet sehingga dapat diakses oleh pengguna internet.

Sedangkan secara lebih spesifik, web hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web/situs Internet. (Ref: Wikipedia).

Dalam pengaksesan alamat file-file situs tersebut digunakan alamat berupa IP komputer server (komputer yang menyimpan file-file situs kita) yang selanjutnya IP komputer server tersebut diarahkan pada alamat situs atau lebih dikenal dengan nama domain.

- Apa itu domain?

Seperti sudah disinggung diatas, komputer-komputer yang terhubung ke internet yang menyimpan file-file situs kita (sebagai tempat hosting), pada awalnya tidak memiliki alamat domain seperti yang kita lihat. Komputer-komputer tersebut hanya memiliki alamat berupa nomor IP, seperti 125.163.167.224 dan sebagainya. Untuk mengatasi kerumitan pengetikan alamat situs dengan IP yang panjang tersebut, maka dalam dunia internet dikembangkan alamat/domain yang berupa kata atau kalimat yang mudah diingat sesuai keinginan pemilik domain. Misal: IP 125.163.167.224 diarahkan ke www.wahyu-winoto.com

Domain merupakan nama unik/alamat untuk website anda, nama domain umumnya diakhiri dengan .com, .net, .org, .biz, .tv dan lain-lain. Jadi apabila seseorang ingin melihat / mengakses file-file dalam situs web saya yang tersimpan dalam komputer server, maka mereka cukup menulis www.wahyu-winoto.com pada browser internet dan otomatis website saya akan muncul.

Sekedar info, alamat domain itu tidak dimiliki secara langsung oleh seseorang, bagi anda yang menginginkan nama domain maka anda harus membeli/menyewa nama domain, biasanya dengan biaya kontrak pertahun. Setelah anda membayar biaya sewanya maka domain alamat tersebut akan diarahkan ke IP/komputer server yang menyimpan file-file website anda.



b. Beberapa Tipe Hosting

Dalam dunia hosting internet, terdapat beberapa macam tipe hosting, diantaranya:

- Free Hosting

Hosting jenis ini merupakan hosting gratisan, anda tidak perlu membayar apa-apa tetapi biasanya akan banyak iklan yang muncul pada website anda dan anda tidak bisa memiliki domain sendiri.
Freehosting juga kita kenal dalam Blog, dimana saat anda membuat blog gratisan maka secara otomatis anda mendapatkan hosting gratis untuk blog anda, selain itu anda juga mendapat nama domain khusus yang biasanya dengan embel-embel penyedia layanan blog-nya, misal http://namadomainanda.blogspot.com untuk layanan blog dari Blogger.

- Virtual (shared) Hosting.

Tipe ini mungkin termasuk tipe Hosting Murah, karena dalam satu server terdapat banyak hosting (yang salah satunya milik anda). Karena terdapat banyak hosting dan domain dalam satu server maka akan lebih hemat perangkat server dan otomatis biayanya menjadi lebih murah.
Hosting yang satu ini terkenal banyak digunakan karena biayanya murah dan efisien baik bagi pemilik situs website maupun bagi penyedia layanan hostingnya.

- Collocated Hosting

Collated hosting ibarat anda seperti memiliki server sendiri. Hanya server hosting anda tersebut terletak diperusahaan hosting dan mereka yang merawatnya. Anda memiliki hak akses penuh untuk menambah/mengurangi, ataupun merubah situs web anda.

- Dedicated Hosting

Hosting jenis ini merupakan hosting prifat/pribadi, karena anda memiliki server sendiri dan dalam satu server tersebut hanya ada satu hosting dan domain milik anda.
Hosting jenis ini biasanya dimiliki oleh perusahaan besar yang mampu secara biaya maupun tenaga pengelolanya.


c. Layanan Webhosting


Bagi kita yang membangun situs web setelah halaman situs tersebut siap maka selanjutnya kita membutuhkan tempat/hosting. Hosting atau webhosting itulah yang akan menjadi tempat penyimpanan file-file halaman situs kita.

Nah...dengan memanfaatkan jasa web hosting nantinya hal-hal terkait dengan pelayanan webhosting biasanya akan ditangani oleh perusahaan web server, sehingga kita dapat lebih berkonsentrasi pada pengembangan content situs kita.


Namun, dengan makin banyaknya layanan hosting di Indonesia kadang membuat para pengguna menjadi bingung dalam memilih webhosting terbaik. Lalu, langkah apa yang harus kita lakukan untuk mendapatkan layanan hosting berkwalitas terbaik namun dengan harga terjangkau?


Terkait dengan penentuan webhosting untuk situs web kita paling tidak kita harus mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya:


- Menyediakan layanan/fasilitas yang lengkap
- Harga murah/terjangkau
- Keamanan data terjamin
- Mudah dan praktis dalam penggunaan/pengelolaan
- Tersedianya bantuan Customer Service yang siap membantu kesulitan kita


Nah, dengan memperhatikan kriteria-kriteria tersebut diatas maka tidak banyak perusahaan webhosting yang mampu memenuhinya. Namun berdasarkan pengalaman saya dan rekan-rekan yang biasa terjun dalam dunia internet, situs web, hosting dan domain, maka saya rekomendasikan untuk menggunakan IDwebhost yang beralamat di http://idwebhost.com sebagai solusi atas kebutuhan hosting maupun domain anda.


d. IDwebhost.com Trend Hosting Indonesia


IDwebhost merupakan salah satu perusahaan cabang dari CV. JogjaCamp Software Development yang telah dijalankan sejak awal tahun 2004. Dengan pengalaman selama bertahun-tahun menjadikan IDwebhost semakin dikenal dan terpercaya sebagai perusahaan web hosting di Indonesia, bahkan baru-baru ini kabarnya IDwebhost merupakan perusahaan webhosting dengan tingkat pertumbuhan tertinggi di Indonesia, dengan kata lain sekarang ini IDwebhost.com Menjadi Trend Hosting Indonesia. 

- Mengapa Harus IDwebhost?


Seperti slogan mereka yaitu "Best Service at Affordable Cost’", mereka mampu menghandle semua kebutuhan webhosting kita. Dengan service terbaik, harga murah, dan didukung keseriusan pelayanan customer service yang standby 24 jam sehari/7 hari seminggu menjadikan IDwebhost.com sebagai perusahaan hosting terbaik di Indonesia.

Alasan mengapa IDwebhost memiliki reputasi yang begitu baik sudah barang tentu karena mereka memang nomer satu untuk masalah kualitas. Kemudian yang menjadi titik berat IDwebhost adalah pada sisi pelayanan kepada pelanggan dengan pelayanan ramah, service yang cepat, harga yang murah namun tidak murahan, serta keunggulan-keunggulan lain.


Dari segi pelayanan customer service saat ini IDwebhost memiliki puluhan pegawai khusus untuk melayani costumer. Para Customer Service IDwebhost dalam kinerjanya tidak hanya melayani dalam hal administrasi saja, tetapi juga dalam hal setting dalam server, setting domain, setting DNS, scripting pemrograman dan hal-hal detail yang lainnya.


Selain itu Customer Service IDwebhost juga melayani kita melalui berbagai cara, yaitu : melalui Chatting (YM), Telepon, Email dan juga SMS. Lebih jauh lagi, jika dalam pelayanannya kita merasa kurang puas dengan service dari para Customer Service, kita juga dipersilahkan melaporkan mereka kepada pihak Manajemen IDwebhost secara langsung melalui email. Hal itu tentunya untuk menjamin kualitas pelayanan kepada para customer.

Selain layanan yang sudah saya jelaskan diatas, mereka juga memberikan garansi service memuaskan. Idwebhost.com juga selalu menghadirkan harga yang bisa dijangkau oleh semua kalangan atau menjadi penyedian layanan hosting murah di Indonesia. Bayangkan saja, beberapa paket murah mereka bahkan ada yang seharga Rp. 1000 (seribu rupiah) perbulan, sungguh luar biasa murah apa yang diberikan Idwebhost.com.


Terkait dengan masalah teknis dalam webhosting dan juga domain, selain penjelasan teknis, situs-situs penyedia layanan Hosting dan Domain seperti idwebhost.com biasanya juga bersedia membantu anda yang ingin memiliki Hosting atau Domain dengan bantuan-bantuan dan kemudahan-kemudahan lainnya. Dari beberapa pengalaman yang saya ketahui situs-situs penyedia layanan tersebut biasanya sangat fleksibel dan ramah dalam layanannya. Sebagai penyedia layanan Hosting Murah mereka dapat menyesuaikan keinginan anda yang menginginkan layanan Hosting dan Domain, mereka juga memberikan beberapa paket hosting dan domain murah yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan.





e. Penutup
Semoga tulisan singkat saya ini dapat membantu anda yang sedang belajar Mengenal Hosting dan Domain serta menjadi masukan bagi anda yang ingin mencari penyedia layanan hosting dan domain yang mudah, murah, serta berkualitas.


Terakhir, saya hanya ingin menyampaikan, jika anda ingin membangun website atau sekedar blog, maka saya sarankan untuk membeli domain atau hosting di Idwebhost.com, anda hanya butuh persyaratan ringan seperti email, kartu identitas (KTP/SIM) kemudian mengisi form atau formulir pendaftaran yang telah disediakan, dan biarkan mereka merespon permintaan anda dengan segera. Bahkan jika anda masih ragu dengan layanan webhosting mereka, maka anda bisa mencoba layanan free trial mereka. Menarik bukan?


Maka tidak berlebihan jika saya katakan bahwa IDwebhost.com Menjadi Trend Hosting Indonesia yang berkualitas dan benar-benar terpercaya.

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Reddit

1 Comment:

Teguh Bayu said...

salam kenal sesama peserta review

Posting Komentar

Saya tidak suka Silent Visitor, jadi tolong Komentar !

 

Just 4 Blogging Copyright © 2009 LKart Theme is Designed by Lasantha